Blog

POTENSI DESA TEMPURAN

Status Desa Wisata yang disandang Desa Tempuran Kecamatan Blora terus mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk terus dikembangkan. Salah satunya datang dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Blora yang peduli terhadap potensi ibu-ibu Desa Tempuran dengan menggelar pelatihan membatik.

 

“Desa Tempuran sudah dikenal sebagai salah satu desa wisata di Blora dengan potensi Waduk Tempuran, kuliner ikan bakarnya, seni kethopraknya dan kampung bluron. Tidak lengkap rasanya jika desa ini tidak memiliki sentra kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh wisatawan. Maka dari itu kami dari BPMPKB berinisiatif melakukan pelatihan membatik kepada ibu-ibu di desa ini,” jelas Sudarmono, sekretaris BPMPKB Kabupaten Blora, Selasa (17/11) kemarin saat membuka pelatihan.

 

Menurutnya pelatihan membatik yang diikuti oleh 22 ibu-ibu di Desa Tempuran tersebut akan diselenggarakan selama 10 hari mulai Selasa (17/11) kemarin hingga Jumat (27/11) bertempat di Balaidesa setempat.

 

“Agar nanti bisa menghasilkan para perajin batik yang bagus, pelatihan akan dilakukan secara berkesinambungan dari mulai cara membuat motif, mencanting, mewarnai hingga nglorod atau melepas malam, serta pemasarannya,” lanjutnya.

 

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi mayarakat Tempuran khususnya ibu-ibu rumah tangga yang setiap harinya tidak mempunyai kesibukan khusus. Selain itu nantinya bisa mendongkrak potensi desa wisata untuk bisa lebih maju.

 

Camat Blora Kota, Kunto Aji yang hadir dalam pembukaan pelatihan mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini. Pihaknya berpesan agar kegiatan pelatihan membatik bisa berlangsung dengan baik dan bisa diikuti dengan sungguh-sungguh serta terus dikembangkan.

 

“Kedepan bisa berkesinambungan, sehingga para wisatawan yang datang kesini nantinya juga bisa membawa oleh-oleh berupa baju batik khas Desa Tempuran,” harapnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Tempuran Sri Hartini mengaku sangat berterimakasih dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh BPMPKB Kabupaten Blora karena bisa membantu perekonomian warga masyarakat Tempuran.

 

“Terimakasih kepada BPMPKB yang telah sudi menyelenggarakan pelatihan kepada ibu-ibu di desa kami. Kami berharap setelah pelatihan ini nantinya bisa dikembangkan dengan potensi Desa Wisata. Selain itu batik ini juga bisa mepromosikan Tempuran sebagai desa pusat kerajinan batik di Kabupaten Blora,”

Iklan
Featured post

MISI DAN VISI DESA TEMPURAN

aas

VISI

“MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAT DESA TEMPURAN SESUAI DENGAN POTENSI ALAM DESA, DENGAN MENGUTAMAKAN PEMBAGUNAN DI SEKTOR, PENDUKUNG PARIWISATA, PERTANIAN, PETERNAKAN DAN BER UPAYA MENINGKATKAN KETERSEDIAAN LAPANGAN KERJA BAGI MASYARAKAT YANG BERLANDASKAN ATAS IMAN DAN TAKWA PADA TUHAN YANG MAHA ESA ”‘ ( VISI )

Adapun Misi sebagai operasional adalah :

1.Pembangunan Infra struktur Jalan yang memadai.

2.Pembangunan Infrastruktur Pembangunan Drainase.

3.Pembangunan Sosial Keagamaan pengadaan Gedong TPQ.

4.Pelatihan Bokasi Pendukung Pertanian.

5.Pelatian ketrampilan Suvenir Pendukung sektor Pariwisata.

6.Memberikan Peluang pengusaha Di Desa Tempuran, untuk menciptakan

Lapangan kerja masyarakat.

7.Pembinaan Linmas yang menjamin rasa aman dan nyaman.

Pos blog pertama

Ini adalah pos pertama Anda. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru. Jika ingin, Anda dapat menggunakan pos ini untuk menjelaskan kepada pembaca mengenai alasan Anda memulai blog ini dan rencana Anda dengan blog ini. Jika Anda membutuhkan bantuan, bertanyalah kepada orang-orang yang ramah di forum dukungan.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑